alexametrics

BPBD Kabupaten Magelang Luncurkan Sekolah Siaga Bencana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang meluncurkan program sekolah siaga bencana. Program ini dilaksanakan untuk menyokong pembelajaran tatap muka (PTM) di berbagai sekolah. Mulai dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA.

Terkait program ini, BPBD Kabupaten Magelang melakukai simulasi evakuasi untuk bencana erupsi Gunung Merapi di sekolah-sekolah Kecamatan Dukun. “Sosialisasi dan pelatihan keselamatan dilakukan untuk tangkat PAUD sampai SMA,” ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Magelang Muflichah Roychani kepada Jawa Pos Radar Magelang.

Sekolah Siaga Bencana juga diproyeksikan untuk mengantisipasi adanya bencana non-alam. Misalnya, bencana kebakaran. “Sejak dini harus sudah memiliki bekal pengetahuan penanganan bencana,” tutur Muflichah.

Selain itu, BPBD Kabupaten Magelang juga membentuk Madrasah Aman Bencana. “Kami memberikan pelatihan untuk madrasah bersama non-governmental (NGO) dan pemadam kebakaran,” kata Muflichah.

Baca juga:  Voice Note Jitu Menghafal Asmaul Husna

Upaya meningkatkan pengetahuan penanganan bencana ini, lanjut Muflichah, diberikan untuk anak-anak sampai remaja. Harapannya agar mereka dapat melanjutkan sosialisasi kepada teman sebaya dan orang tua. BPBD Kabupaten Magelang pun membuka pelatihan untuk menjadi agen siaga bencana. “Kami juga melatih Satuan Karya Pramuka (SAKA) di sekolah-sekolah menengah atas,” pungkasnya. (mg2/mg3/rhy/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya