alexametrics

Akses Jalan Alternatif Tertutup Longsor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid Tebing setinggi 30 meter dengan lebar 15 meter di Dusun Geneng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang mengalami longsor Minggu (23/1) pagi. Meterial longsor menutupi jalan alternatif Dusun Geneng ke Desa Surojoyo dan Mejing.

Kepala Dusun Geneng 1, Aji Candra menuturkan, peristiwa longsor diketahui oleh warga yang hendak ke sawah. Sekitar pukul 07.00. Saat itu longsor belum besar. “Ketika saya lihat kok ternyata yang longsor sudah semakin besar. Terus saya lapor Pak lurah dan diteruskan ke kecamatan dan BPBD,” kata Aji saat ditemui di lokasi longsor.

Kata dia, longsor karena adanya genangan air akibat saluran irigasi yang tersumbat.
Wilayah Kecamatan Candimulyo sebelumnya diguyur hujan dengan intensitas lebat. Beruntung saat terjadi longsor tidak ada warga yang melintas. Sehingga tidak ada korban jiwa.

Baca juga:  Bencana Angin Kencang di Kabupaten Magelang Naik Dua Kali Lipat

Selain menutup jalan, material longsor juga membuat saluran irigasi sawah warga putus. Tiga kolam lele milik warga pun rusak. Material longsor juga mengenai satu bangunan pabrik tahu yang berada di bawahnya, namun tidak ada kerusakan.

Minggu (23/1) sejumlah relawan dan warga pun mulai membersihkan lokasi longsor. Namun belum seutuhnya bisa dilakukan karena membutuhkan alat berat. Jalan penghubung Dusun Geneng ke Desa Surojoyo dan Mejing pun belum bisa dilintasi.

“Hari ini lumpur-lumpur di jalan diturunin dan dibersihkan supaya jalan tidak ambrol. Besok pagi akan dilakukan penanganan lagi menggunakan alat berat,” jelas Aji. (man/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya