26 C
Semarang
Senin, 27 Maret 2023

Gerbang Gajah Berpotensi Jadi Wisata Baru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid Pembangunan gerbang proyek KSPN Borobudur hampir rampung. Salah satu yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata adalah gerbang gajah, Kembanglimus. Karena terdapat sport selfie maupun tempat belanja kuliner dan UMKM.

“Sebagai daya tarik wisata baru ya akan kami kelola secara maksimal menjadi tambahan pendapatan bagi daerah,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein.

Baca juga:  Ekonomi Pulih, Restrukturisasi Kredit COVID-19 BRI Turun 55,57 Persen

Untuk saat ini gerbang proyek KSPN Borobudur memang belum ada serah terima dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Ia berharap nantinya jika sudah ada serah terima, Pemkab Magelang bisa mengembangkan gerbang gajah, Kembanglimus, menjadi daya tarik wisata yang menjual.

“Harapannya bisa menunjang wisata di daya tarik wisata lain. Nantinya akan kita buat paket wisata yang terkoneksi antarpintu-pintu gerbang proyek KSPN Borobudur,” ujar Husein.

Baca juga:  Bantu UMKM Terdampak Pandemi, Salurkan Rp 1 M

Sementara itu, dalam kunjungan ke Kabupaten Magelang Jumat (14/1) lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, untuk saat ini gerbang proyek KSPN Borobudur yang sudah rampung 100 persen adalah gerbang singa, Palbapang. Tinggal menunggu kesiapan pemerintah daerah untuk operasional, pengisian, serta pemeliharaannya.

Sementara untuk gerbang lainnya masih tahap akhir penyelesaian. “Yang terpenting itu pemeliharaannya. Karena infrastruktur dibangun untuk masyarakat dan harus dirawat dengan baik,” ujar Sandi. Ia berpendapat progres pembangunan proyek KSPN sudah signifikan. (man/lis)


Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Sementara Itu ..

Terbaru

Populer

Menarik

Lainnya