alexametrics

Mengaku Pegawai Dinsos Kabupaten Magelang, Tipu Pencari Kerja

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – AM, 50, warga Desa Bumirejo, Kecamatan Mungkid, harus mendekam di ruang tahanan Polres Magelang buntut dari aksinya menipu SWI, 18, warga Desa Pucanganom, Kecamatan Srumbung.

AM beraksi pada Minggu (2/1) sekitar pukul 15.30 di rumah SWI. Dia mengaku sebagai pegawai Dinas Sosial Kabupaten Magelang dan bertemu ayah korban.

“Tersangka mengiming-imingi korban pekerjaan mengepak masker di rumah. Korban ditawari gaji Rp 350.000 per minggu,” ujar Wakapolres Magelang Kompol Aron Sebastian Sabtu (15/1).

SWI berminat. AM lalu menyuruh ayah SWI mengambil brosur di Kantor Pos di Tempel, Sleman. Saat ayah korban pergi itulah AM melancarkan aksinya. Pria 50 tahun ini meminta handphone SWI sebagai jaminan nomor kontak yang bisa dihubungi. Dia juga meminta kalung emas SWI, berikut handy talky (HT).

Baca juga:  Tersembunyi di Balik Pegunungan Menoreh, Jaga Privasi Tamu

Untuk meyakinkan korban, AM meminta SWI membereskan rumah. Katanya, sekitar pukul 18.00 masker akan datang. AM kemudian pergi. Setengah jam kemudian ayah SWI pulang tanpa menemukan brosur yang dimaksud AM.

“Korban beserta ayah dan ibu akhirnya sadar menjadi korban penipuan,” ujar Aron. Kerugiannya sekitar Rp 9 juta. Mereka pun melapor ke Polsek Srumbung.

Polisi kemudian menangkap AM di salah satu hotel di Kota Magelang Rabu (12/1). Sejumlah barang bukti berupa satu unit handphone korban, satu unit handphone tersangka, satu handy talky ayah korban, satu unit sepeda motor tersangka, serta sebuah jaket warna hitam, rompi, helm, dan peci tersangka juga diamankan dari hotel dan kos korban di daerah Mertoyudan. Sebelumnya pada 2017, AM juga pernah melakukan penipuan di Jogja dan dihukum 1,5 tahun penjara.

Baca juga:  Perangkat Desa Bisa Diberhentikan Kalau Tak Mau Divaksin

AM mengaku melakukan ini karena motif ekonomi. Buruh serabutan ini mengaku hidup sendiri. Tidak memiliki keluarga. “Jadi saya berbuat seperti ini,” ujar AM. Berkat perbuatannya, dia pun disangkakan Pasal 378 KUHP dan terancam hukuman 4 tahun penjara. (rhy/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya