alexametrics

Hujan, Kerumunan pun Bubar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Sabtu (1/1) dinihari, Andri, salah satu petugas kebersihan di kawasan wisata Candi Borobudur tengah menyapu sampah di pinggir jalan. Tampak beberapa sampah plastik berserakan. Meskipun menurutnya jumlah tidak banyak.

“Sampahnya ini termasuk tidak banyak. Karena sejak Jumat sore (31/12) jam 17.00 sudah mulai dilakukan penyekatan jalan menuju Borobudur,” ujar pria berambut gondrong ini.

Kata Andri, penutupan jalan menuju Borobudur membuat kawasan Borobudur menjadi sepi. Penjual dan pembeli tidak sebanyak biasanya saat akhir pekan. Bahkan Jumat malam pukul 23.00 jalanan di kawasan wisata Borobudur sangat lengang, apalagi juga sempat turun hujan.

Tampak pengamanan tidak hanya dilakukan pihak kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dishub saja. Beberapa relawan dari Lembaga Pengurangan Risiko Bencana (LPRB) di beberapa desa Kecamatan Borobudur juga ikut terlibat. Mereka membawa ambulans masing-masing desa untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:  Ngantuk, Mobil Nabrak Trotoar

Kepala Jaga Pos Pengamanan (Pospam) Borobudur, Kelik Sujoko juga menuturkan, penutupan jalan utama menuju kawasan Candi Borobudur saat malam tahun baru membuat situasi jalan menjadi lengang. Pengunjung yang akan ke kawasan Candi Borobudur diarahkan berjalan kaki dan memarkirkan kendaraan di kantong parkir yang disediakan.

Lampu-lampu proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur juga dimatikan. Kapolres Magelang AKBP M. Sajarod Zakun beserta rombongan sempat mampir ke Pospam  Borobudur saat malam hari untuk memantau situasi. “Alhamdulillah jam 23.00 terjadi hujan, sehingga kerumunan-kerumunan bubar,” kata Kelik.

Sabtu (1/1) pukul 01.00 dini hari sudah tidak ada penjual kaki lima yang buka. Situasi pun sepi. Sehingga beberapa jalan menuju wisata Candi Borobudur dibuka. Di Lapangan Drh. Soepardi, Mungkid, akses masuk ke lapangan ditutup serta dipasang garis polisi. Lampu lapangan dimatikan.

Baca juga:  Kebijakan Pembukaan Daya Tarik Wisata Membingungkan

Situasi lengang juga terjadi di Kota Magelang. Alun-alun kota yang biasanya menjadi pusat perayaan, kemarin tidak ada aktivitas.  Wali kota Magelang Muchammad Nur Aziz  memantau pengamanan malam tahun baru dan berkunjung ke beberapa pospam. (man/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya