alexametrics

Harus Terampil, Tak Cuma Jadi Konco Wingking

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Keseruan terjadi di Resto Kampung Kali Desa Paremono, Kecamatan Mungkid, Rabu (22/12) kemarin. Para ibu berkumpul merayakan Hari Ibu. Bukan dengan pesta, tetapi dengan pelatihan keterampilan.

Ketika Jawa Pos Radar Semarang datang sekitar pukul 09.35, ada yang mondar-mandir memilah daun. Ada yang fokus menata daun di atas kain putih. Ada pula yang masih bingung mencari inspirasi motif. Rupanya, mereka sedang mengikuti workshop pembuatan kain ecoprint yang diadakan TP PKK Desa Paremono.

TP PKK Desa Paremono memang mengadakan workshop dengan mengambil momentum Hari Ibu. Salah satu panitia sekaligus Ketua Kelompok Usaha Perempuan (KUP) Corak Alam Ecoprint Ita Sarifah menuturkan, kegiatan ini bermula dari permintaan teman-temannya untuk diajak pelatihan ecoprint. Ita lantas berharap, melalui kegiatan ini, jiwa wirausaha perempuan bisa bangkit.

Baca juga:  TPA Pasuruhan Overload, Tahun Depan Bakal Ditutup

“Agar berdaya. Agar tidak hanya menjadi konco wingking saja, tapi juga punya kegiatan bermanfaat,” ujar Ita ketika ditemui wartawan koran ini di sela kegiatan. Selain pembuatan kain ecoprint, ada juga pelatihan pembuatan shibori. Pematerinya dari Forum Kewirausahaan Sosial (FKS) Kabupaten Magelang.

Baru diadakan pertama kali, kata Ita, tidak menutup kemungkinan akan melakukan workshop lanjutan. Dengan lingkup peserta yang lebih luas. Grup WA untuk workshop ini pun tidak akan dibubarkan. Tujuannya agar peserta workshop bisa tetap berkonsultasi apabila praktik sendiri di rumah.

Sementara itu, Eni, peserta asal Borobudur, mengaku mengikuti workshop ini karena benar-benar tertarik. Eni menyukai keterampilan. Sementara selama ini, dia hanya tahu kain ecoprint tanpa tahu proses pembuatannya. “Penasaran gimana cara buatnya,” ucap Erni.

Baca juga:  Baru Mulai Sekolah Tatap Muka, 12 Pelajar Terlibat Tawuran

Dia memiliki keinginan suatu saat membuat kain ecoprint sendiri. “Karena ini bagus to, Mbak. Alami juga. Motifnya dilihat bikin seneng,” bebernya. (rhy/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya