alexametrics

Tegalarum Jadi Kampung Rempah dan Herbal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Desa Tegalarum, Borobudur dicanangkan menjadi kampung rempah dan herbal di Kabupaten Magelang. Setiap pekarangan rumah akan ditanami tanaman rempah dan herbal. Mengingat di Desa Tegalarum potensial untuk pengembangan tanaman tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Romza Ernawan  mengatakan penanaman tanaman rempah dan herbal saat ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Terlebih di tengah pandemi banyak permintaan dari konsumen.

“Ini adalah ide yang brilian dari masyarakat Tegalarum. Potensi tanaman rempah dan herbal di Desa Tegalarum sangat luar biasa,” jelasnya.

Kata dia, untuk penanaman tanaman rempah dan herbal cukup sederhana, tidak perlu dengan teknologi tinggi. “Nantinya akan dikembangkan lahan-lahan masyarakat,” jelasnya.

Baca juga:  Delapan Pendaftar SKPP Gugur

Untuk tanaman, juga akan disuplai dari beberapa wilayah di Kabupaten Magelang. Seperti Kajoran, Kaliangkrik, Grabag, Pakis dan lainnya.

“Konsepnya adalah pengembangan. Nanti masyarakat akan bergerak bersama-sama mengembangkan Desa Tegalarum sebagai pusat tanaman rempah dan herbal,” tutur Romza.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalarum  Agus Ujiwantoro menjelaskan, rencana untuk menjadikan denya sebagai kampung rempah dan herbal sudah cukup lama. Namun baru terealisasi saat ini. Apalagi kini di musim pandemi kebutuhan tanaman rempah dan herbal cukup tinggi.

“Ke depan rencananya setiap pekarangan warga semuanya akan ditanami tanaman rempah dan herbal. Daripada ditanami tanaman yang tidak menghasilkan,” ungkap Agus.

Sambung Agus, saat ini pihaknya masih fokus di Dusun Kedungringet. Sebelum nantinya dikembangkan di tiga dusun lainnya. “Harapan kami kelompok tani di Dusun Kedungringet ini menjadi sampel. Nantinya semua petani di Tegalarum akan memanfaatkan lahan untuk menanam rempah dan herbal,” tuturnya. (man/lis)

Baca juga:  Atlet Difabel Magelang Raih 3 Emas dan 1 Perak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya