alexametrics

Festival Bukit Menoreh 2021 Beri Ruang Seniman Berekspresi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Mengangkat potensi seni di wilayah Borobudur, Forum Rembug Klaster Pariwisata Borobudur mengadakan Festival Bukit Menoreh 2021.

Festival yang pertama tersebut diadakan di Balkondes Majaksingi, Selasa (30/11). Menampilkan pertunjukan beberapa kelompok seni yang ada di wilayah Bukit Menoreh, Kecamatan Borobudur.

“Di Kabupaten Magelang ada daya tarik utama yakni Candi Borobudur. Nah selain itu kita akan mengembangkan daya tarik tambahan adalah Bukit Menoreh. Kita menggali potensi yang ada. Salah satunya ada kesenian. Makanya kita bikin acara Festival Bukit Menoreh. Sebagai penyangga kawasan Borobudur,” ujar Kirno Prasojo, ketua Forum Rembug Klaster Pariwisata Borobudur.

Menurutnya tujuan Festival Bukit Menoreh untuk pelestarian. Sehingga pihaknya memberikan ruang para pelaku seni untuk berekspresi. Karena masih dalam situasi pandemi festival tersebut disiarkan secara virtual. Sementara untuk pengunjung yang datang ke lokasi dibatasi.

Baca juga:  Permintaan Turun, Harga Ikut Turun

Kesenian yang ditampilkan pun beragam. Seperti Topeng Ireng, Dolalak, Band Lokal, Dagelan Jowo, maupun Wayang Gemblung. Melibatkan sekitar 100 seniman.

“Sebenarnya konsep kita, festival ini kita jual dengan wisatawan. Kalau nanti tidak pandemi kita pentaskan. Kita akan kerja sama dengan hotel-hotel. Supaya tamu yang menginap di hotel bisa nonton. Nanti juga bisa menjadi hiburan bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Kata Kirno, untuk rencana pelaksanaan Festival Bukit Menoreh sebenarnya sudah ada sebelum pandemi. “Namun karena ada pandemi itu terus tertunda. Ini sudah mulai ada kelonggaran ya kita adakan,” ungkapnya. Menurutnya ke depan untuk kegiatan Festival Bukit Menoreh akan dilakukan di beberapa tempat yang ada di sekitar Bukit Menoreh. (man/lis)

Baca juga:  Hijaukan Sendang Maren

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya