alexametrics

PDM Kabupaten Magelang Luncurkan Buku Panduan Pengelolaan Masjid

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid — Ada yang spesial tepat pada peringatan Milad ke-109 Muhammadiyah. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang meluncurkan buku panduan pengelolaan masjid yang diurus Muhammadiyah.

Ketua PDM Kabupaten Magelang Jumari menjelaskan, buku panduan pengelolaan masjid dirumuskan oleh Majelis Tabligh. Buku tersebut kemudian dibagikan kepada semua pimpinan cabang dan ranting, agar dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki standarisasi pengelolaan masjid.

“Supaya kegiatan di masjid Muhammadiyah lebih teratur dan terukur,” ujar Jumari, usai mengikuti resepsi milad di aula PDM Kabupaten Magelang, Kamis (18/11).

Hasil pendataan sementara, terdapat 200 masjid yang dikelola Muhammadiyah. Ia yakin jumlah itu akan bertambah. Mengingat belum semua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) melaporkan data jumlah masjid Muhammadiyah. “Kita dorong agar PCM-PCM segera menyerahkan daftar masjid-masjid yang ada di cabang,” pintanya.

Baca juga:  Warga Rela Antre Berjam-Jam Demi Dua Jeriken Minyak Goreng

Setelah ini, ia akan membentuk Ikatan Takmir Masjid Muhammadiyah Kabupaten Magelang. Yang mewadahi takmir-takmir masjid untuk bersinergi, dan saling tukar pengalaman dalam pengelolaan masjid.

“Kita ingin masjid Muhammadiyah itu aman secara administrasi, juga terjamin perihal ibadah yang dilaksanakan itu sesuai tuntunan,” tandasnya.

Dengan harapan, masjid-masjid Muhammadiyah akan makmur dan bisa memakmurkan jamaah di lingkungan sekitar. Selain itu mengoptimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, dan pusat dakwah Muhammadiyah. (put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya