alexametrics

Produk UKM Kabupaten Magelang Masuk Minimarket

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang terus berupaya meningkatkan level produk UKM. Salah satunya melalui kerja sama kemitraan dengan PT Indomarco Primatama.

Kamis (28/10), produk-produk UKM tersebut resmi dilaunching oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Magelang Christanti Zaenal Arifin di gerai Indomaret BB Square Mungkid.

Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Magelang Basirul Hakim mengatakan, ada ribuan produk UKM di Kabupaten Magelang yang potensinya harus didorong dan difasilitasi pemerintah. Tujuannya agar berkembang secara kualitas, kuantitas, dan pemasarannya.

Basirul juga mengatakan, secara teknis produk UKM Kabupaten Magelang sudah masuk rak display Indomaret sejak Juli lalu. Sementara kini sudah tersebar di seluruh gerai Indomaret se-Kabupaten Magelang. Kendati demikian, kata Basirul masih banyak produk UKM yang belum merambah ke pasar modern.

Baca juga:  Dispuspa Kabupaten Magelang Tambah Armada Perpustakaan Keliling

Pemkab Magelang, lanjut Basirul, berupaya hadir di tengah-tengah pelaku UKM. Bupati Magelang telah memberikan ruang yang luas, termasuk melalui jalinan kerja sama dengan swasta.

“Harapannya ke depan bisa bekerja sama dengan minimarket modern lainnya. Atau dengan pusat oleh-oleh (jajanan) luar daerah, termasuk pemasaran melalui internet,” tuturnya.

Lebih lanjut, Christanti mengatakan Dekranasda Kabupaten Magelang mendukung produk UKM Kabupaten Magelang masuk pasar lebih luas. Dia berharap para pelaku UKM konsisten dan meningkatkan kualitas maupun kapasitas produk. Sebab ketika masuk pasar modern, saat penjualan naik maka kapasitas harus dipersiapkan.

“Kualitas juga harus dijaga sehingga tetap kompetitif,” ujar istri Bupati Magelang Zaenal Arifin ini.

Baca juga:  Sopir Angkot di Grabag Datangi Polsek, Protes Mobil Odong-Odong

Selain itu, kata Christanti, produk yang belum masuk pasar modern harus berbenah. Terutama terkait pemenuhan persyaratan sehingga lolos tahap kurasi. Salah satunya pemenuhan perizinan, seperti sertifikat P-IRT.

“Siapa tahu produk UMKM bisa dipasarkan keluar negeri. Termasuk produk kerajinan,” tuturnya. (rhy/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya