alexametrics

Dispuspa Kabupaten Magelang Bekali Disabilitas Keterampilan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang menggelar pelatihan produksi manisan salak, Selasa-Rabu (26-27/10). Kegiatan ini menyasar para penyandangan disabilitas. Yakni sebanyak 17 penyandang tuli dan 3 tunadaksa. Pematerinya Muhzito,  praktisi olahan manisan salak asal Desa Polengan, Kecamatan Srumbung.

Kasie Pengembangan Perpustakaan Dispuspa Kabupaten Magelang Amroni menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk semangat transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. “Yang namanya inklusi kan berarti kita harus melayani siapa saja,” ujar Amroni ketika ditemui Jawa Pos Radar Magelang di ruang kerjanya, Rabu (27/10).

Pelatihan pembuatan olahan salak ini, kata Amroni, merupakan permintaan para penyandang disabilitas.   Pelatihan lantas ditujukan untuk meningkatkan kualitas SDM dan wawasan. “Meskipun mereka berkebutuhan khusus, kami ingin menumbuhkan sifat dan sikap kemandirian,” ucap Amroni.

Baca juga:  Bobol Apotek, Gondol Rp 68 Juta

Pihaknya juga berharap pelatihan tersebut menjadi solusi pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Sehingga bisa mendorong peningkatan kesejahteraan.

Dari pelatihan ini, lanjut Amroni, jika ada yang berniat dan berkomitmen membuat produk sendiri, Dispuspa Kabupaten Magelang berupaya memberikan bantuan peralatan produksi. “Kemarin sudah kami tanting. Pascapelatihan,  siapa yang berani mencoba nanti kami laporkan ke pimpinan. Mungkin bisa kami fasilitasi bantuan peralatan,” bebernya. (rhy/lis) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya