alexametrics

Dispuspa Kabupaten Magelang Gelar Pelatihan Cara Menulis Cerita Rakyat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Ada banyak potensi cerita rakyat di Kabupaten Magelang. Namun selama ini belum dibukukan. Hal ini mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang menggelar pelatihan penulisan cerita rakyat Kabupaten Magelang Senin-Selasa (18-19/10/2021).

Kasie Pengembangan Perpustakaan Dispuspa Kabupaten Magelang Amroni menuturkan, kegiatan ini menjadi bentuk semangat dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Yakni terkait pemajuan dan pelestarian budaya.

Amroni berharap melalui pelatihan ini potensi cerita rakyat Kabupaten Magelang bisa terinventarisasi. Bisa dibukukan. “Untuk melestarikan nilai-nilai adiluhung Kabupaten Magelang,” ujar Amroni ketika ditemui Jawa Pos Radar Magelang, Senin (18/10/2021) pagi.

Pelatihan  ini, lanjut Amroni, menyasar para guru SD/MI dan SMP/MTS. Khususnya guru yang memiliki konsesn menulis cerita rakyat maupun budaya Kabupaten Magelang. Senin (18/10/2021) pesertanya 21 guru.

Baca juga:  Dinding Rumah Jebol Diterjang Longsor

“Dengan melatih guru, harapan kami ada estafet pada siswanya. Sehingga siswa bisa ikut mencintai budaya Kabupaten Magelang,” ucapnya.

Amroni juga mengakan, tujuan jangka panjang pelatihan ini, ada output berupa buku. Dengan harapan, untuk mewariskan potensi budaya dan cerita rakyat kepada generasi penerus. “Harapannya paling tidak peserta bisa menulis cerita dari lingkungan masing-masing,” pungkasnya.  (rhy/lis)

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya