alexametrics

Tingkatkan Level UKM di Borobudur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Usaha kecil mikro (UKM) di Jawa Tengah sudah luar biasa. Hal ini disampaikan Ketua Bidang Usaha Dekranas Susan Teten Masduki, ketika menghadiri pelatihan UKM di Balkondes Ngadiharjo Borobudur.

Kegiatan yang diselenggarakan Selasa (12/10/2021) itu diinisiasi Kementerian Koperasi dan UKM bersama Bidang Manajemen Usaha Dekranas. “Kalau mau diobrolin soal level, ya paling tinggi. Paling bagus,” ujar Susana.

Hal ini dilihat dari aspek pembinaan, modal hingga technical. UKM yang sudah maju ini, menurutnya, hanya perlu ditingkatkan pengemasannya. Sehingga memiliki daya jual lebih tinggi. “Mungkin Dekranasda bikin program. Misal ini lemahnya di sini, nanti itu yang bisa di-develop,” ucap Susana.

Baca juga:  Musim Hujan, Bau Tak Sedap TPA Pasuruhan Semakin Menyengat

Hadir dalam acara itu, Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo pun berharap para pelaku UKM di Kabupaten Magelang menjadi aktor yang bisa menangkap peluang. Apalagi Kabupaten Magelang memiliki heritage luar biasa dan menjadi destinasi wisata superprioritas.

Dia juga mengatakan, perlu ada sinergitas atau kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat agar UKM bisa naik kelas. “Agar nanti saat kondisi sudah stabil, masyarakat Borobudur siap bersaing. Sehingga tidak hanya menjadi penonton,” tutur Atikoh.

Sementara Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang Christanti Zaenal Arifin menuturkan, kegiatan ini menjadi semangat pelaku UKM. Sekaligus menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kualitas dan kapasitas. “Harapannya, ini menjadi sustain dan ke depan ada pelatihan lagi yang mungkin keberlanjutan,” ucapnya. (rhy/lis)

Baca juga:  Tersembunyi di Balik Pegunungan Menoreh, Jaga Privasi Tamu

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya