alexametrics

Tiga Kelompok Kesenian Tampil Virtual di TIC Borobudur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid Pentas kesenian virtual yang diadakan oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang di Tourist Information Center (TIC) Borobudur kembali digelar. Sebelumnya pentas seperti ini berhenti dua bulan lebih, karena PPKM.

“Dari Inmendagri, Ingub sejalan bahwa untuk pertunjukan virtual tidak ada kontak erat. Sehingga bisa kembali dilaksanakan,” ujar Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein. Pertunjukan tersebut tetap dilaksanakan setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Minggu (10/3) ada tiga kelompok kesenian yang tampil secara virtual di TIC. Ketiga kelompok seni tersebut yakni Topeng Ireng Setyo Kawedar, Banyubiru, Dukun. Kemudian Kubro Siswo Mudo Santoso, Gandusari, Bandongan. Serta Sendratari Yak Siswo Budoyo, Ngadigunung, Windusari.

Baca juga:  Uang Dikuras, Kotak Amal Musala Dibuang

Husein menuturkan, karena sempat terhenti, ada sekitar 30 kelompok kesenian yang belum pentas. Untuk kelompok seni yang melakukan pentas disyaratkan anggotanya sudah vaksin. Pihaknya menargetkan sampai akhir tahun, semua kelompok kesenian yang terdaftar bisa pentas.

Masyarakat umum pun bisa menyaksikannya pertunjukkan tersebut di media sosial Disparpora Kabupaten Magelang. “Adanya simulasi pertunjukkan seni ini teman-teman (pelaku seni) bisa mulai bergairah untuk berkarya. Sedikit demi sedikit mendapatkan pemasukan,” jelas Husein.

Kata dia, kelompok yang tampil di TIC diberikan uang transport. Hal tersebut merupakan upaya dari Disparpora untuk menfasilitasi pelaku seni di Kabupaten Magelang. (man/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya