alexametrics

Dispeterikan Kabupaten Magelang Vaksin Gratis Hewan Piaraan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang mengadakan vaksinasi rabies gratis sejak Senin (27/9/2021) hingga Jumat (1/10/2021). Kegiatan ini merupakan program tahunan untuk memperingati Hari Rabies Sedunia pada 28 September.

Kasie Kesehatan Hewan Dispeterikan Kabupaten Magelang Khoirudin Tri Laksana menuturkan, pihaknya menyediakan kuota 250. Sasarannya untuk kucing, anjing, kera, hingga musang.

“Sistemnya mendaftar dulu untuk menghindari kerumunan. Ada 140-an, Realisasi sampai hari ini sampai 50,” ujar Khoirudin ketika ditemui Jawa Pos Radar Magelang, Kamis (30/9/2021) siang.

Jika target belum tercapai, program ini akan berlanjut ke hari berikutnya. Pelayanan dibuka sampai stok vaksin habis.

Khoirudin juga mengatakan, bekerja di Dispeterikan sejak 2010 belum menemukan kasus rabies. Namun, vaksinasi tetap penting dilakukan minimal setahun sekali sebagai upaya pencegahan. Sebab jika virus ini menginfeksi, akibatnya bisa fatal.

Baca juga:  Rebo Wekasan, Warga Borobudur Gelar Merti Dusun

“Ke manusia, kalau tidak tertangani bisa mati. Ke hewan juga begitu. Makanya kalau hewan sedah kena (rabies) harus dikarantina,” ujar Khoirudin menjelaskan.

Purwati, warga Kecamatan Dukun, pun mengaku sangat terbantu dengan program vaksinasi gratis ini. Pemelihara kucing ini bahkan sudah berlangganan saban tahun. Kucingnya sudah divaksin tiga kali. “Tiap tahun ke sini. Motivasinya ya agar kucing saya lebih sehat,” tutur Purwati. (rhy/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya