alexametrics

Salak Nglumut Siap Diekspor ke Negeri Tirai Bambu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Salak Nglumut, Srumbung, Kabupaten Magelang dipersiapkan untuk diekspor ke Negeri Tirai Bambu, China. Secara khusus General Administration of Custom Cina (GACC) pun telah melakukan audit virtual terkait proses pengemasan salak Nglumut bulan Agustus lalu.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Ade Srikuncoro Kusumaningtyas mengatakan, buah salak Nglumut merupakan jenis unggulan di Kabupaten Magelang. Selain itu, varietas salak Nglumut pun telah dilepas oleh Kementerian Pertanian.

“Yang terregister ada tiga kelompok tani dan satu gapoktan. Petani yang tergabung dalam kelompok tani dan gapoktan tersebut sudah siap, karena kan sudah terregister,” jelas Ade kepada Jawa Pos Radar Magelang,  Kamis (23/9/2021).

Baca juga:  Status Darurat untuk Merbabu

Ia menuturkan, jika nantinya hasil audit GACC menyatakan layak proses, maka kelompok tani dan Gapoktan tersebut dapat memulai ekspor salak Nglumut ke China.

“Doakan saja semoga hasil audit virtual lolos dan bisa go internasional,” harapnya. Menurutnya apabila salak Nglumut bisa diekspor akan menyejahterakan petani karena mendapat pasar yang jelas. Tidak sekadar menjual ke tengkulak dengan harga yang tidak menentu.

“Harapannya pendapatan petani terjamin kemudian salak Nglumut akan dikenal di negara tirai bambu. Yang katanya masyarakat China belum terlalu mengenal buah salak,” kata Ade. (man/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya