alexametrics

Boleh Berwisata ke Borobudur, Tapi Hanya Sampai Pelataran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) akan melakukan uji coba pembukaan wisata Jumat (17/9/2021) besok. Meski buka, namun pengunjung belum diizinkan untuk naik ke bangunan candi. Maksimal hanya sampai pelataran. Hal tersebut karena masih pandemi serta alasan pelestarian.

Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid menuturkan, untuk saat ini tidak memungkinkan jika pengunjung naik ke bangunan candi karena berpotensi menimbulkan kerumunan.

Selain itu, Candi Borobudur secara bangunan tidak bisa menampung 130 orang per jam. “Kalau naik bangunan candi belum boleh. Karena alasan Covid-19 dan pelestarian. Kita pegang teguh itu aja,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Yudi Suhartono, Pamong Budaya Ahli Madya, Balai Konservasi Borobudur (BKB). Ia menuturkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan TWCB  “Kemarin sudah ketemu dengan TWCB nanti pengunjung hanya sampai pelataran. Belum boleh naik candi,” tuturnya.

Baca juga:  Senderan Ambrol, Jalan Alternatif Rawan Kecelakaan

Sambung Yudi, pihaknya terus melakukan perawatan rutin bangunan Candi Borobudur. Karena pihaknya mempunyai tanggung jawab dalam pelestarian candi.

Sementara itu, menjelang uji coba pembukaan Candi Borobudur Kapolres Magelang AKBP M. Sajarod Zakun memerintahkan anggotanya untuk menggencarkan imbauan tentang protokol kesehatan (prokes). Untuk mengantisipasi agar tidak ada klaster baru di Candi Borobudur.

“Sebagaimana informasi dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, bahwa Candi Borobudur itu akan dibuka kembali. Otomatis akan mendatangkan wisatawan, baik itu dalam negeri maupun luar negeri,” jelasnya. (man/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya