alexametrics


Prototipe Alat Penerangan Borobudur Sabet Medali Emas

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Lima siswa MTs N 1 Magelang berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam ajang riset internasional World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) 2021, bulan Agustus lalu. Kelima siswa yang tergabung dalam satu kelompok ini berhasil menyabet medali emas, berkat riset tentang alternatif penerangan di Candi Borobudur dengan piezioelektrik.

Selasa (14/9/2021) wartawan koran ini menemui kelima siswa berprestasi tersebut. Mereka adalah Aghna Hasbian Nuur, Naila Putri Nafisa, Dewi Satiti Ningrum, Azhalya Yumna dan Rashya Azzahara. Kelimanya merupakan siswa kelas 9.

“Ya nggak nyangka kalau bisa juara tingkat internasional,” kata Aghna sambil tersenyum. Ia mengatakan bersama keempat temannya harus melawan malas, untuk mempersiapkan lomba internasional tersebut. Selama hampir dua bulan mereka fokus membuat prototipe alat serta paper berjudul “MAJENG” Development of the Borobudur Temple Garden Floor as An Electricity Generator for Lighting Tourism Areas Based on Footrests.

“Sebelum presentasi virtual sempat ndredek. Presentasi dikasih waktu 8 menit terus tanya jawab 7 menit. Pakai bahasa Inggris,” kata Aghna. Lima siswa tersebut pun kompak mengatakan bangga, setelah meraih medali emas. Karena tidak mudah untuk medapatkannya, mengingat ajang itu diikuti 450 tim dari 35 negara.

Sementara itu, Latif Jauhari guru pendamping tim riset menuturkan, ide tersebut berasal dari siswa, kemudian diarahkan oleh guru. Kata dia, MTsN 1 Magelang memang fokus dalam bidang riset. Oleh Kementerian Agama (Kemenag) ditunjuk sebagai sekolah riset. Kata dia,  WYIIA adalah ajang riset internasional pertama yang diikuti oleh MTsN 1 Magelang.

“Sebelum lomba kami juga datangkan pelatih dari luar, yang pernah ikut lomba internasional. Karena ngelatihnya lebih ke teknis,” jelas Latif. Ia menambahkan awalnya tim riset tersebut menggarap prototipe alat, kemudian paper. Untuk yang terakhir yakni latihan presentasi menggunakan bahasa Inggris. (man/lis) 

 

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya