alexametrics


Bisnis Tas Kulit Sapi Tembus Eropa

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Berbekal ilmu dari Akademi Teknologi Kulit Jogjakarta, Syamsul Anwar Yusuf menekuni usaha tas kulit sapi. Dia menjalankan usaha ini sejak 2015. Berawal dari bentuk kerja sama dengan rekan-rekannya.

Sekarang Syamsul menjalanan usaha ini bersama sang adik, Siti Nurhalizah. Mulanya hanya membuka toko online. Hingga akhirnya membuka toko di Desa Donorojo, Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Di sana puluhan tas, dompet, hingga sandal dan sepatu terpajang rapi di rak.

“Pencinta kulit biasanya ingin langsung datang ke toko buat melihat produk aslinya,” ujar Siti Nurhalizah kepada Jawa Pos Radar Magelang, Selasa (7/9/2021).

Perempuan yang akrab disapa Elis ini mengatakan, dia dan kakaknya menggandeng empat penjahit untuk menyokong produksi. Dari satu penjahit, seminggu bisa menghasilkan setidaknya 20 unit tas. Bahan bakunya menggunakan kulit sapi dari Muntilan, Jogja, hingga Magetan.  Meskipun ada juga tas yang dibuat menggunkan kulit domba.

“Kulit sapi lebih tebal. Lebih mbentuk. Kalau kulit domba lebih tipis dan lemas. Biasanya paling untuk membuat peci,” imbuhnya.

Harga tas kulit sapi dijual mulai Rp 350.000 hingga Rp 950.000. Selain membuka toko offline, sebagian penjualan ditembus melalui pemasaran online. Kata Elis, pembeli berasal dari kalangan elit Magelang atau Jojakarta. Namun, pihaknya juga sudah mengirim ke berbagai daerah di Indonesia.

“Pernah juga sampai Eropa. Tapi kalau pengiriman ke luar negeri biasanya dibeli orang asal Indonesia,” kata perempuan berusia 20 tahun ini.

Elis mengaku sempat menutup toko di awal pandemi Covid-19 dan ketika PPKM. Namun akhirnya buka lagi meski penjualan menurun sekitar 50 persen. “Sebelum pandemi sehari bisa kirim 30 paket. Sekarang alhamdulillah mulai naik lagi,” ucapnya.  Namun, Elis tetap bersyukur karena di toko online sehari bisa mengantongi Rp 3 hingga 4 juta. Meskipun selama pandemi ini omzet tetap tidak menentu jumlahnya. (rhy/lis)

 

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya