alexametrics


Omah Buku Blondo, Taman Baca Kreatif dan Rekreatif

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Mungkid –  Taman Baca Masyarakat (TBM) Omah Blondo, Desa Blondo, meraih penghargaan TBM Kreatif-Rekreatif dari Direktorat Pendidikan Masyarakat Khusus dan Pendidikan Khusus Kemendikbud Ristek Dikti. Penghargaan ini diumumkan secara virtual dalam puncak acara Hari Aksara Internasional, Rabu (8/9/2021) lalu.

Pendiri sekaligus Ketua TBM Omah Blondo menuturkan, pihaknya menerima penghargaan setelah mempresentasikan program unggulan bertajuk Mesin Waktu (Menggali Sejarah Indonesia, Warisan Untukku).

Program tersebut merupakan kegiatan studi wisata ke candi, museum, serta situs-situs bersejarah di Kabupaten Magelang. Program ini dipilih Budi karena menurutnya Kabupaten Magelang merupakan wilayah yang kaya akan nilai-nilai sejarah peradaban masa lalu.

“Borobudur sudah jelas ya? Tapi kan selain Borobudur masih ada candi atau situs-situsl lain. Kalau bukan kita, siapa yang bakal memperkenalkan itu ke anak-anak,” paparnya.

TBM Kreatif-Rekreatif, kata Budi, merupakan penghargan untuk TBM yang memiliki kegiatan kreatif sekaligus menghibur. Dalam ajang ini, TBM Omah Buku Blondo mengalahkan ratusan TBM peserta. Budi bahkan tidak menyangka mendapat penghargaan ini.

“Dari pengajuan profil TBM, dipilih 15 TBM untuk presentasi via Zoom. Saya nggak nyangka, karena 14 TBM lainnya juga keren-keren,” ucap Budi.

Memperoleh penghargaan ini, Budi berharap TBM Omah Blondo bisa menginspirasi desa-desa lain untuk memiliki TBM. Menurutnya, TBM menjadi tempat efektif untuk belajar anak-anak. Pasalnya anak-anak bisa bebas belajar sesuai minat mereka.

“Akhirnya muncul kesadaran kalau membaca adalah kebutuhan mereka. Bukan paksaan agar mendapatkan nilai seperti di sekolah,” bebernya. (rhy/lis)

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya