alexametrics

Terdampak Penutupan Candi Borobudur, Aset Koperasi Terpaksa Dijual

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Tutupnya Candi Borobudur karena pandemi Covid-19, membuat koperasi pariwisata Catra Gemilang harus menjual aset yang dimiliki. Mengingat tidak ada pemasukan, sementara tabungan semua anggota di koperasi ditarik.

Suherman, pendiri koperasi Catra Gemilang mengatakan, koperasi mulai oleng saat tiga bulan awal pandemi tahun 2020. Hingga akhirnya menjual asetnya pada 2021. Pihaknya terpaksa menjual aset koperasi yang berdiri sejak tahun 1996 ini untuk menutup utang di bank serta melayani penarikan tabungan anggota.

Aset tersebut yakni lahan kantor koperasi seluas 4.300 meter persegi. Dulunya digunakan sebagai unit usaha homestay dan toko. “Untuk uang yang dipinjam anggota kami tidak bisa menarik. Karena anggota juga tidak ada pemasukan selama pandemi Covid-19. Dan kami tidak pernah nagih. Karena kami memahami,” jelas Suherman. Padahal kata dia, banyak anggota yang masih meminjam uang di koperasi. Rata-rata mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 10 juta per orang.

Baca juga:  KUKM Center Belum Dimanfaatkan Optimal

Ia menuturkan, sebelum pandemi uang yang berputar di koperasi tersebut dalam sebulan mencapai Rp 400 juta. Karena unit usaha mereka sangat bergantung dengan wisata Candi Borobudur. Seperti fotografi wisata, rumah makan, maupun homestay.

“Ya akhirnya kami kolaps. Mau melayani penarikan tabungan dari anggota sumbernya tidak ada. Sedangkan anggota yang meminjam uang kami tidak mungkin menagih. Akhirnya jual aset,” terangnya. Menurut Suherman saat ini aset milik koperasi sudah terjual, masih menunggu untuk pelunasan.

Ke depan koperasi tersebut akan menempati rumah yang dikontrak untuk digunakan sebagai kantor. Dulu digunakan sebagai usaha konveksi koperasi. “Semoga setelah pandemi berakhir dan normal, anggota yang meminjam uang bisa mengangsur pinjamannya,” tuturnya. (man/lis) 

Baca juga:  Tak Bayar Pajak, Bakso Balungan Pak Granat Diperingatkan

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya