alexametrics

Kembali ke Alam, Anak-Anak Sanggar Kesenian Saujana Upacara di Sawah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Cara unik memperingati HUT ke-76 RI dilakukan anak-anak Sanggar Kesenian Saujana, Dusun Keron, Desa Krogonawan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Selasa (17/8/2021) pagi, mereka menggelar upacara bendera di tengah sawah yang habis dipanen.

Pesertanya 12 anak. Semua menggunakan celana merah seragam sekolah. Sementara pakaian atasannya ada yang menggunakan atasan seragam lengkap dengan dasi dan topi. Ada pula yang menggunakan kaus bebas. Masing-masing membawa bendera yang dikibarkan pada tiang bambu.

Anak-anak sanggar ini menyusuri pematang sawah sembari membawa bendera. Begitu sampai area, bendera-bendera yang mereka bawa diletakkan di tengah. Sementara mereka berbaris melingkar mengelilinginya. Upacara benera digelar. Begitu usai, anak-anak lantas bergegas mengambil bendera tersebut. “Itu menggambarkan sebuah kegigihan untuk mempertahankan merah putih,” ujar Pembina Sanggar Saujana Sujono.

Memang, kata Sujono, upacara ini digelar untuk memberi semangat nasionalisme kepada anak-anak. Di samping untuk mengenang para pahlawan. “Sawah dipilih karena maksud kami agar anak-anak mengenal alam,” kata dia.

Baca juga:  Terdampak Jalan Tol Jogja-Bawen, 37 Tanah Kas Desa di Kabupaten Magelang akan Digusur

Menariknya, untuk menggelar upacara bendera ini, anak-anak tidak melalui proses latihan sebagai persiapan. Mereka melakukannya dengan spontanitas. Kata Sujono, anak-anak sanggarnya mudah dikondisikan karena sudah aktif berkesenian sejak lama. “Ya, improvisasi,” bebernya. (rhy/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya