alexametrics

Hujan Abu Menyebar ke Enam Kecamatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Guguran awan panas Gunung Merapi, Selasa (10/8/2021) mengakibatkan turunnya hujan abu di sejumlah wilayah Kabupaten Magelang. Bahkan sempat meluas ke dua kecamatan.

“Jam 09.00 masih di empat kecamatan. Yakni Kecamatan Dukun, Sawangan, Grabag, dan Pakis. Pukul 10.00 nambah dua kecamatan. Secang dan Tegalrejo,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang MHD Muzamil kepada Jawa Pos Radar Magelang, Selasa (10/8/2021).

Hujan abu ini turun di 12 desa. Di Kecamatan Dukun, hujan abu terjadi di Desa Sengi dan Desa Paten. Untuk Kecamatan Sawangan, di Desa Wonolelo dan Banyuroto. Kemudian di Kecamatan Grabag, di Desa Tlogorejo, Tirto, Lebak, dan Grabag. Sementara di Kecamatan Pakis, terjadi di Desa Daseh dan Pakis. Serta di Desa Karangkajen Kecamatan Secang dan Desa Kebonagung Kecamatan Tegalrejo.

Baca juga:  Borobudur Juga Butuh ‘Istirahat’

Namun, hujan abu yang turun kemarin masih tipis. Radiusnya pun belum mengancam. Sehingga, lanjut Muzamil, masyarakat tidak perlu panik. “Tapi bukan berarti kita terleda. Tetap harus waspada. Masyarakat harus siaga,” tegasnya.

Dia juga menjelaskan, selama hujan abu masih tipis, masyarakat dipersilakan melakukan kegiatan secara normal. Namun harus tetap menggunakan masker. Baik untuk protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, maupun untuk keamanan dari sebaran abu Merapi.

“Kami tetap melakukan pemantauan,” ucap Muzamil. “Kemarin kami juga ngedrop masker ke kecamatan terdampak. Sehingga kalau hujan abu tebal, siap dibagikan ke masyarakat,” tandasnya. (rhy/lis)

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya