alexametrics

Merapi Masih Siaga, BPBD Siapkan Skenario Antisipasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang terus melakukan pemantauan aktivitas Gunung Merapi. Baik  melalui layar maupun pemantauan ke lokasi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono menuturkan, mitigasi bencana ini difokuskan untuk penyelamatan manusia. Sehingga, melalui pemantauan tersebut, pihaknya bisa bergerak cepat ketika terjadi hal-hal tidak diinginkan. “Khususnya untuk penyelamatan manusia. Baru yang lain,” ujar Edi kepada Jawa Pos Radar Magelang, Senin (9/8/2021).

Namun, lanjut Edi, Gunung Merapi masih berstatus siaga (level 3). BPBD pun hanya melakukan pengondisian agar masyarakat selalu tenang, waspada, dan tidak termakan berita hoaks. BPBD juga memberi bantuan masker kepada warga lereng Merapi di Kecamatan Dukun dan Kecamatan Sawangan ketika terjadi hujan abu, Minggu (8/8/2021) kemarin. “Dengan harapan agar tidak terjadi penyakit pernapasan,” ujarnya.

Baca juga:  Stadion Gemilang Belum Bisa Dipakai, Persikama Pusing Cari Home Base

Edi menambahkan, BPBD telah menyiapkan tiga skenario evakuasi apabila terjadi erupsi. Pertama, apabila letusannya kecil, pihaknya akan mengungsikan warga ke tempat evakuasi sementara di desa tetangga. Kedua, jika letusan cukup besar dan mengkhawatirkan manusianya, maka pengungsi akan ditempatkan di tempat evakuasi akhir (TEA). Skenario ketiga, pengungsi akan ditempatkan di lokasi yang lebih jauh lagi. “Tapi sampai saat ini, alhamdulillah belum ada rekomendasi dari BPPTKG terkait peningkatan status dan bahayanya sehingga harus mengungsi,” paparnya. (rhy/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya