alexametrics

April 2021 Mundur, Eks Dewan Kota Magelang Jadi Tersangka Pinjaman Fiktif

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid Polres Magelang menetapkan salah seorang anggota DPRD Kota Magelang periode 2019-2024 sebagai tersangka. SN, 42, diduga terlibat dalam kasus pinjaman fiktif di PD BPR Bank Bapas 69. Wakil rakyat dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ini sudah mengundurkan diri sebagai anggota DPRD sejak April 2021. Pengunduran diri ini juga telah disetujui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Mei 2021.

“Dalam kasus ini kami tetapkan tersangka saudara SN, mantan cluster manager PT Indonusa Telemedia Magelang dan juga (mantan) anggota DPRD Kota Magelang,” ujar Kasatreskrim Polres Magelang AKP Muhammad Alfan. Dalam kasus ini, PD BPR Bank Bapas 69 Magelang mengalami kerugian sebesar Rp11.687.956.665.

Baca juga:  Cemburu Buta, Kenalan Pacar Dibacok

Kata Alfan, dalam kurun waktu sekitar Mei 2018 sampai Juli 2020, tersangka melakukan kerja sama dengan PD BPR Bank Bapas 69 Magelang untuk mendapatkan fasilitas kredit karyawan PT Indonusa Telemedia. Karyawan yang melakukan pinjaman tersebut ternyata diduga fiktif. Total jumlah karyawan yang mengajukan pinjaman sebanyak 300 orang. Setelah dilakukan audit internal ternyata 251 orang bukan karyawan PT Indonusa Telemedia.

SN diduga meminta 251 orang tersebut berpura-pura menjadi karyawan PT Indonusa Telemedia. Setiap orang kemudian mendapatkan pinjaman sebesar Rp 50 juta. Setelah pinjaman dari Bank Bapas 69 cair, uang tersebut digunakan tersangka untuk membeli empat buah bidang tanah. Sisanya digunakan untuk membayar angsuran. Sementara untuk nama-nama fiktif yang mengajukan bantuan diberikan imbalan berkisar dari Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta.

Baca juga:  Hibahkan Rp 16,9 M untuk Keagamaan

“Tersangka ini menyuruh karyawannya saudari NI, KN dan FE untuk mencari orang-orang yang nanti akan mengaku sebagai karyawan PT Indonusa Telemedia,” ungkap Alfan.

Menurutnya apa yang dilakukan oleh tersangka merupakan tindak pidana karena secara hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi yang dapat merugikan keuangan negara. Sementara itu, tersangka SN saat ditanya terkait kasus yang menjeratnya tidak mau memberikan keterangan.

Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno membenarkan kalau SN merupakan anggota DPRD Kota Magelang yang terpilih pada Pileg 2019 dari Partai Perindo. Namun, sejak April 2021 SN mengajukan pengunduran diri sebagai wakil rakyat.

“Saat ini posisi saudara SN akan diisi oleh pengganti antarwaktu (PAW) dari partai yang sama. Proses PAW sudah berjalan sejak bulan April dan dalam waktu dekat akan dilantik,” jelasnya.

Baca juga:  ASN Pemkab Magelang Nglarisi Sayuran Petani

Dia mengaku prihatin dengan apa yang terjadi pada SN. Meski begitu, sebagai teman, ia merasa perlu ada dukungan moral terhadap yang bersangkutan. “Saya juga minta teman-teman anggota dewan untuk tetap menjenguk yang bersangkutan,” ungkapnya. (man/put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya