24 C
Semarang
Minggu, 29 Januari 2023

Balkondes Hanya Mengandalkan Sisa Pendapatan Sebelum PPKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Sebulan terdampak pemberlakuan PPKM, pengelola balai ekonomi desa (balkondes) di Kecamatan Borobudur putar otak untuk bertahan.  Marketing Balkondes Wringin Putih Putri Maro Widyasuti mengatakan, pendapatan yang selama ini bersumber dari event juga surut. Pengunjung maupun tamu homestay  juga macet. “Untuk operasional, kami menggunakan sisa saldo bulan kemarin (sebelum PPKM),” kata Putri kepada Jawa Pos Radar Magelang, Rabu (4/8/2021) siang.

Tak mau nglokro, pengelola Balkondes Wringin Putih tetap berupaya mencari peruntungan. Promo disiapkan untuk menarik pengunjung pasca-PPKM. Resto balkondes juga mulai bekerja sama dengan ojek online.  “Kami berharap resto tetap berjalan selagi PPKM dan tetap mematuhi imbauan,” ujar Putri.

Baca juga:  Okupansi Balkondes Naik 100 Persen

Sama seperti Balkondes Wringin Putih, Balkondes Bumiharjo mengandalkan sisa pendapatan sebelum PPKM untuk operasional. Selebihnya, untuk menekan pengeluaran, pengelola balkondes mengurangi belanja. Namun, di tengah situasi sulit ini, pihak balkondes masih optimistis mampu bertahan.

“Kami masih punya BUMDes di bawah desa. Semoga mereka bisa membantu untuk keadaan apapun,” ujar Siti Fatmawati, salah satu pengelola Balkondes Bumiharjo.

Tak jauh berbeda, Balkondes Ngadiharjo menggunakan dana tabungan untuk operasional. Sementara untuk menekan pengeluaran, Supervisor Balkondes Ngadiharjo Huda mengatakan, karyawan masuk dengan sistem bergilir untuk perawatan. Rata-rata karyawan dijadwalkan sehari masuk, lima hari libur.

Huda menyadari, karena masuk dalam kategori tempat wisata, balkondes harus  tutup sementara. Namun, sebenarnya dia berharap balkondes diizinkan beroperasi dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Sebab, di balkondes ada karyawan yang harus dipikirkan kelangsungan ekonominya.

Baca juga:  Tersembunyi di Balik Pegunungan Menoreh, Jaga Privasi Tamu

“Tapi kalau balkondes dibuka dan masih PPKM, siapa yang akan berkunjung,” ucap Huda. Dia lantas berharap ada bantuan ril untuk karyawan balkondes.  (rhy/lis)

 

 


Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Menarik

Artikel Menarik Lainnya