alexametrics

Pinjamkan Oximeter untuk Warga Isoman

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Pasangan suami istri, Yohanes Aditya Sanjaya dan Theresia Sulistyowati tergerak meminjamkan oximeter atau alat pengukur kadar oksigen dalam darah secara gratis. Diperuntukkan kepada warga yang isolasi mandiri karena terkena  Covid-19.

Theresia Sulistyowati mengaku aksinya bersama sang suami dilakukan karena di berita banyak melihat orang yang meninggal saat isolasi mandiri. “Awalnya kami akan membagikan. Namun kalau dibagikan hanya berhenti pada satu orang. Kemudian kami pinjamkan,” kata Sulis, panggilan akrabnya.

Sulis menduga salah satu penyebab orang yang meninggal saat isoman karena terlambat deteksi sejak dini. Sehingga akhirnya telat dibawa ke rumah sakit. “Biasanya orang isoman yang dibutuhkan tabung oksigen dan oximeter. Padahal sebelum membutuhkan tabung oksigen kan  perlu oximeter buat mengukur kadar oksigen dalam tubuh,” kata pemilik toko Mahamurah itu.

Baca juga:  Tak Puas, Kelompok Jasa Parkir dan Keamanan Pasar Kaliangkrik Ancam Kerahkan Massa

Ia akhirnya berpikir langkah meminjamkan oximeter bagi orang yang isoman sangat penting di tengah pandemi ini. Adapun oximeter yang dipinjamkan ini jumlahnya 50 unit. Syarat melakukan peminjaman dengan menunjukkan KTP asli, kemudian menunjukkan hasil swab positif bagi yang isoman tersebut.

Kata Sulis semenjak diumumkan, Senin (23/7/2021), respons warga sangat banyak. Sejauh ini sudah ada 10 orang yang meminjam. Mayoritas berasal dari wilayah Magelang.

Oximeter tersebut dipinjamkan kepada warga yang isoman hingga dinyatakan sembuh. Setelah sembuh, mereka mengembalikan dan akan dilakukan sterilisasi. Ia berharap, mereka yang meminjam oximeter bisa terbantu dan sembuh kembali.

“Harapan saya semoga dengan adanya ini (oximeter) warga yang isoman bisa lebih terbantu. Jadi maksudnya para isoman bisa lebih terdeteksi bisa untuk membantu,” pungkasnya. (man/lis) 

Baca juga:  PPDB di SMA N 1 Mertoyudan Membeludak, Banyak Siswa Salah Input Data

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya