alexametrics

Aplikasi Siyap Mudahkan Pelaporan Kejadian

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Sejak 2019, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magelang memiliki aplikasi berbasis android  untuk melayani pelaporan masyarakat. Namanya SIYAP. Bisa untuk melaporkan beragam kejadian. Mulai dari kebakaran, pengambilan sarang tawon, penemuan mayat, pertolongan evakuasi korban kecelakaan lalu lintas, hingga evakuasi binatang buas.

Namun, penggunaan aplikasi buatan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang ini belum maksimal. Pelaporan kejadian masih lebih banyak diterima melalui telepon dan WhatsApp. Damkar Kabupaten Magelang lantas berupaya menyosialisasikan aplikasi ini melalui media sosial.

“Dalam sebulan tetap ada yang melapor via aplikasi. Satu atau dua orang dan itu sudah alhamdulillah. Mereka berarti tahu dan paham cara pakai SIYAP,” kata Humas Damkar Kabupaten Magelang Septanita Penatha Rini ketika ditemui Jawa Pos Radar Magelang, Selasa (27/7/2021) siang.

Baca juga:  Peserta KB Aktif Turun 4.647 Orang

Perempuan yang akrab disapa Natha ini lantas menjelaskan kemudahan penggunaan aplikasi SIYAP. Dia mengatakan, sistem aplikasi ini serupa dengan ojek daring. Melalui SIYAP, pelapor bisa memantau sejauh mana respons dan penanganan dari Damkar.  Tim Damkar juga akan menghubungi mereka melalui WhatsApp ketika diperlukan konfirmasi. Sebab, kontak mereka sudah tercatat ketika registrasi.

Di samping kemudahannya untuk masyarakat pelapor, SIYAP juga memudahkan Damkar merapikan dokumentasi kegiatan.

“Kami berharap masyarakat menggunakan SIYAP. Tapi karena mungkin  belum semua masyarakat bisa mengakses aplikasi ini, jadi kami tetap sigap dari WA atau telepon,” ujar Natha.  (rhy/lis)

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya