alexametrics

Candi Mendut – Pawon Tutup, Pedagang Tetap Buka Lapak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Beberapa pedagang di Candi Mendut dan Candi Pawon tetap membuka lapak. Walaupun kedua candi tersebut tutup sejak 23 Juni sampai 2 Juli. Setelah adanya kebijakan dari Balai Konservasi Borobudur (BKB). Para pedagang tetap berjualan karena kebingungan memperoleh pendapatan.

“Meskipun banyak pedagang yang tutup lapak, tetapi saya tetap berjualan. Kalau ada satu  pembeli saja sudah beruntung. Bahkan kadang satu hari tidak ada pembeli,” ujar Maisaroh, pedagang suvenir di Candi Mendut. Ia menuturkan bingung hendak mencari pekerjaan yang lain.  Karena menjadi penjual suvenir adalah pekerjaan utama.

Ia mengaku dirata-rata dalam sehari hanya mendapat Rp 30 ribu. “Kalau nggak ada pembeli, saya nggak dapat duit,” jelasnya. Ia pun berharap setelah 2 Juli nanti Candi Mendut bisa kembali buka.

Baca juga:  Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kembali Mondok Usai Libur Lebaran

Hal senada juga disampaikan Dowi, pedagang suvenir di Candi Pawon. Ia mengaku tetap berjualan karena kesulitan mencari pekerjaan yang lain. “Daripada nganggur di rumah mending buka lapak. Barangkali ada pembeli,” jelasnya. Kata dia, kalaupun ada pembeli juga hanya satu sampai dua orang. Biasanya para pengunjung yang kecele karena tidak tahu Candi Pawon tutup.

Dowi mengaku, hasil dari menjual suvenir hanya pas untuk makan sehari-hari. “Pandemi sudah sepi, kemudian candi juga ditutup jadi semakin sepi,” jelasnya. Sementara itu Pamong Budaya Ahli Madya BKB Yudi Suhartono mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu mengkaji kembali terkait rencana pembukaan Candi Borobudur, Mendut  dan Pawon pada tanggal 2 Juli.

Baca juga:  Pukul Korban, Residivis Rampas HP dan Uang

“Nantinya akan kami lakukan evaluasi kembali tanggal 2 Juli. Tergantung situasi dan kondisi nanti bagaimana,” tandasnya. Ia menambahkan selama penutupan, kegiatan pembersihan dan konservasi candi tetap dilakukan secara rutin oleh BKB. (man/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya