alexametrics

Warga Grabag Ini Dirikan Dapur Umum dengan Uang Pribadi, Layani 250 Warga yang Isoman

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Tingginya angka positif Covid-19 di Desa Sidogede, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, warga yang sehat mendirikan dapur umum. Aksi ini diinisiasi Tadik Joko Wasito, bersama dua rekannya. Melalui dapur umum ini, Tadik berharap warga yang isolasi mandiri (isoman) tetap tenang dan bersemangat untuk pulih.

Dimulai sejak Minggu (20/6/2021), dapur umum yang berlokasi di Kaponan, Grabag, melayani setidaknya 250 warga isoman. “Kami tidak tahu itu dari klaster apa. Kami hanya ingin membantu agar sementara waktu mereka tidak berinteraksi dengan orang lain,” tutur Tadik kepada Jawa Pos Radar Magelang.

Dapur umum ini digerakkan para pemuda dan ibu-ibu. Mereka mengirim makanan sehari dua kali. Sistemnya dengan mendatangi satu per satu rumah warga isoman dan mengetuk pintu. Ketika warga yang isoman sudah mengetahui kedatangan mereka, paket makanan lantas diletakkan di kursi yang sudah disiapkan di teras.

Baca juga:  KPU Kabupaten Magelang Anggarkan Rp 83,9 M untuk Pilkada 2024

“Yang kiriman sore sekalian untuk sarapan, jam 11 makan siang,” ujar pria yang menjadi koordinator dapur umum tersebut.

Dapur umum ini berjalan dengan uang pribadi. Ada pula sebagian warga yang membantu logistik sayur dan telur.  Tadik mengatakan, rencananya dapur umum ini akan berlangsung selama 10 hari. Menyesuaikan durasi warga untuk isoman. (rhy/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya