alexametrics


Ibadah Uposatha Diadakan Terbatas

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Umat Buddha di Kabupaten Magelang menggelar ibadah Uposatha Manggala Puja di Candi Borobudur, Kamis (10/6/2021). Karena masih dalam suasana pandemi dilaksanakan secara terbatas. Hanya diikuti 50 umat Buddha di Magelang.

“Hari Upostha adalah hari perunungan. Diadakan satu bulan dua kali. Setiap tanggal 1 dan 15 lunar,” ujar Saring, penyelenggara Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha Kemenag Kabupaten Magelang. Kata dia, ibadah tersebut difasilitasi oleh Penyelengara Bimas Buddha dan Paguyuban Umat Buddha Magelang.

Sambung Saring, ibadah Uposatha Mandala Puja sudah dilakukan tujuh kali di Candi Borobudur. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk menjadikan Candi Borobudur sebagai tempat ibadah umat Buddha di dunia. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

“Kami menyambut baik apa yang disampaikan oleh pak menteri. Apalagi kami sudah diberikan akses untuk melakukan kegiatan di sini,” jelasnya. Kegiatan tersebut juga diisi dengan prosesi Pradaksina, mengelilingi Candi Borobudur.

Sementara itu, Balai Konservasi Borobudur (BKB) menyambut baik dengan adanya ibadah Upostha Manggala Puja. Apalagi mereka (umat Buddha) juga telah mengajukan surat izin kepada Dirjen Kebudayaan untuk kegiatan ibadah tersebut di Candi Borobudur. “Mereka telah mengajukan izin ke Dirjen Kebudayaan, kemudian kami fasilitasi,” jelas Yudi Suhartono, Pamong Ahli Madya BKB. (man/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer