alexametrics


Gerakan Merti Kali, Jaga Ekosistem Kali Elo

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Mungkid –  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang menggelar Gerakan Merti Kali Elo, Rabu (9/6/2021). Kegiatan tersebut diikuti instansi pemerintah, pihak swasta, masyarakat, dan pegiat lingkungan hidup.

Sesuai tema hari lingkungan hidup sedunia 2021, “Restorasi Ekosistem”, Gerakan Merti Kali Elo diisi dengan penanaman pohon di bantaran Kali Elo, penebaran bibit ikan. Serta kegiatan bakti bersih sungai. Rutenya dari Dusun Pare, menuju Blondo, lalu  finis di Dwi Gangga Mendut.“Harapan kami, kegiatan ini mampu memberikan sumbangsih yang besar untuk kelestarian lingkungan,” ujar Kepala DLH Kabupaten Magelang Sarifudin.

Mewakili Bupati Magelang, Sekda Adi Waryanto dalam sambutannya menyampaikan, hari lingkungan hidup tahun ini berfokus pada mitigasi bencana akibat perubahan iklim. Selain itu juga tentang upaya menjaga keanekaragaman hayati.

“Kita dapat menanam pohon, menghijaukan alam dan lingkungan, mengubah pola konsumsi. Membersihkan sungai, serta berbagai aktivitas positif lain dalam menjaga dan merawat lingkungan,” tutur Adi.

Dia juga mengatakan, Kali Elo merupakan ekosistem di mana terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan. Keduanya saling mempengaruhi dan membutuhkan. Apalagi, Kali Elo merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak memberi manfaat bagi Kabupaten Magelang.

“Maka perlu kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam secara sustainable dengan mempertimbangkan kondisi dan keseimbangan lingkungan,” ucapnya. (rhy/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer