alexametrics


Satpam Nekat Curi 179 Besi Proyek KSPN

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Mungkid –  Satpam di Magelang, BD, 44, mencuri besi tree gate proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Pria asal Candimulyo, Magelang ini mengambil 179 besi tree gate  yang terpasang di sepanjang Jalan Mayor Kusen, Borobudur sampai jalan Syailendra, Mungkid. Pelaku mengaku mencuri karena alasan ekonomi.

“Saya mencuri karena keadaan ekonomi.  Saat saya sedang  jalan, kepikiran untuk mengambil besi ini (tree gate) dengan cara memecahkan menggunakan bodem. Kemudian saya jual,” ujar BD ketika ditanya oleh awak media dalam gelar perkara Selasa (8/6/2021) kemarin di Polres Magelang.

Ia mengaku telah melancarkan aksinya selama 10 kali. Sejak tanggal 23 Maret. Pelaku menjual barang curiannya ke salah satu tempat rongsok di Magelang. Dari hasil penjualan besi tree gate seberat 160 kilogram, pelaku mendapatkan uang Rp 7 juta. Ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta biaya sekolah anak. “Uang untuk biaya sekolah anak saya yang mau masuk SMP,” kata BD singkat.

Sementara itu Wakapolres Magelang, Kompol Aron Sebastian menerangkan, kasus tersebut terungkap karena laporan dari pelaksana proyek KSPN. Pihak pelaksana proyek mengeluh sering kehilangan besi tree gate yang sudah dipasang. Sejak tanggal 23 Maret sampai 2 Juni.

“Kami dari polres maupun polsek segara melakukan penyelidikan dan patroli di sepanjang jalan yang masuk pembangunan proyek KSPN. Sehingga terkumpul banyak informasi,” tuturnya.

Hingga akhirnya tanggal 2 Juni lalu ada sebuah informasi dari seorang pemulung tentang jual beli tree gate yang dilakukan pelaku. Pihaknya berhasil menangkap pelaku di rumahnya di Desa Kadigung, Candimulyo, Magelang. Aron mengatakan, pelaku biasanya beraksi ketika subuh. BD melakukannya sendirian. Akibat perbuatan BD, pelaksana proyek rugi Rp 152.150.000. “Karena perbuatannya itu pelaku kami jerat pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” jelasnya.

Dari tangan pelaku polisi mengamankan beberapa barang bukti. Berupa empat karung besi tree gate, satu palu, motor Yamaha Mio Z, serta keranjang hijau untuk wadah besi. (man/lis)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer