alexametrics

Dorong Perda Kawasan Tanpa Rokok

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Muhammadiyah Tobacco Control Center Universitas Muhammadiyah Magelang (MTCC Unimma) menggelar aksi bagi-bagi masker dan stiker stop rokok, Senin (31/5/2021) pagi. Aksi berlangsung di beberapa titik di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Kegiatan tersebut untuk memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS).

Ketua MTCC Unimma Retno Rusdijati mengatakan  menekan jumlah perokok anak harus menjadi agenda bersama. Baik dari pemerintah maupun masyarakat. Seluruh program kerja kementerian pun harus sinkron dengan upaya penurunan jumlah perokok anak. Bukan hanya melakukan edukasi dan penyadaran masyarakat, tapi diperlukan aturan dan hukum yang tegas.“MTCC Unimma berkomitmen terus mendorong kepala daerah untuk menetapkan dan menegakkan regulasi kawasan tanpa rokok (Perda KTR),” tutur Retno.

Baca juga:  Dikenal Pendiam, Korban Ledakan Bukan Penjual Obat Mercon

Pihaknya juga mendukung penuh tujuan nasional HTTS tahun ini, yakni meraih komitmen 5 juta perokok berhenti merokok. Dan mengajak seluruh komponen masyarakat mendukung komitmen berhenti merokok. HTTS kali ini juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya konsumsi serta paparan asap rokok. Selain itu juga mencegah penggunaan rokok dalam bentuk apapun, seperti vape.

“Perlu sikap tegas pemerintah  pada  industri rokok. Sebab faktanya,  industri rokok leluasa merayu generasi muda melalui iklan dan sponsor. Penurunan angka prevalensi rokok anak saat ini hanya bisa diatasi jika akses anak-anak terhadap rokok dijauhkan,” paparnya. (rhy/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya