alexametrics

UMKM Wajib Manfaatkan Teknologi Digital

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pengembangan pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Magelang diarahkan untuk mendukung destinasi wisata superprioritas Candi Borobudur.

Bupati Magelang melalui Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto mengatakan, pemerintah mendorong pelaku usaha agar memiliki pengembangan karakter wirausaha. Yakni terampil dalam produk unggulan serta bisa mengoptimalkan ide bisnis melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Harapannya agar mampu bersaing di era revolusi industri 4.0.

“Digitalisasi telah membuka peluang baru yang tidak terbatas di segala bidang. Salah satunya wirausaha. Adanya peluang digitalisasi ini akan membuka akses pemasaran baru dan pelanggan baru,” ujar Adi Waryanto saat membuka pelatihan sumber daya manusia dan ekonomi kreatif di ruang Bina Karya Setda Kabuapten Magelang, Rabu (19/5/2021).

Baca juga:  Enam Kecamatan Deklarasikan Stop Buang Air Sembarangan

Namun di sisi lain, lanjut Adi, perlu intervensi untuk meningkatkan keterampilan bagi pelaku UMKM secara komprehensif sesuai kebutuhan pelaku usaha melalui media digital.

Lebi lanjut, Asisten Deputi Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Erni Esti Setyowati mengatakan, keberadaan UMKM harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman. “Sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan belanja melalui online. Kemajuan teknologi ini diharapkan bisa digunakan para pelaku UMKM sehingga memberikan multiplayer efek yang lebih,” jelas Erni. (rhy/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya