alexametrics

Baru Tujuh Perusahaan di Kabupaten Magelang yang Lapor THR

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Perusahaan-perusahaan di Kabupaten Magelang mulai melaporkan pembayaran tunjangan hari raya (THR) ke Posko THR Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) Kabupaten Magelang.

Hingga Senin (3/5/2021) siang, tercatat baru ada tujuh dari 356 perusahaan di Kabupaten Magelang yang melapor. Menurut Kasie Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disperinnaker Kabupaten Magelang Joko Setiyono, ketujuh perusahaan tersebut telah membayarkan THR secara tunai kepada karyawan.

Sementara ratusan perusahaan yang lain masih ditunggu. Mengingat Senin kemarin masih H-10 Hari Raya Idul Fitri. Joko mengatakan, biasanya perusahaan-perusahaan  melapor pada hari-hari akhir menjelang hari raya.

“Kalau tahun sebelumnya maksimal pelaporan H-7, sekarang bisa H-1. Karena kondisi keuangan perusahaan kan banyak yang kembang-kempis,” ujar Joko kepada Jawa Pos Radar Magelang.

Selain menerima laporan perusahaan, Posko THR Disperinnaker juga terbuka bagi para karyawan yang memiliki masalah terkait THR. Disperinnaker berperan dalam monitoring dan pembinaan. Jika terjadi permasalahan THR antara karyawan dan perusahaan, Disperinnaker akan membantu melakukan mediasi.

“Kalau nanti ada yang tidak bisa membayar (THR), dialihkan ke kantor pengawasan ketenagakerjaan. Nanti mereka yang menindaklanjuti,” kata Joko.

“Tapi sebelum sampai mediasi, kami akan berupaya mengarahkan agar mereka bisa menyelesaikan secara bipartit,”pungkasnya. (rhy/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer