alexametrics

Fasilitasi Kelompok Seni Pentas Virtual juga Ajang Promosi Wisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang memunculkan program pentas kesenian virtual di tengah pandemi Covid-19. Menfasilitasi pelaku seni untuk berekspresi.
Mengingat selama pandemi dunia seni sangat terdampak. Berbagai kegiatan ditiadakan.

“Sejak Januari 2021 kami adakan pentas seni secara virtual. Pelaku seni tampil di pendopo Tourism Information Center (TIC) Borobudur. Kemudian kami siarkan virtual lewat medsos,” ujar Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein.

Pentas seni diadakan setiap hari Minggu siang. Menampilkan kelompok kesenian yang ada di Kabupaten Magelang. Dalam pelaksanaannya Disparpora menggandeng beberapa elemen organisasi. Kata Husein, dengan pentas kesenian virtual, bakat dan minat para pelaku kesenian dapat tersalurkan. Walaupun di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, acara tersebut juga diharapkan menjadi ajang mempromosikan wisata di Kabupaten Magelang.

Baca juga:  Tinggalkan Lilin Menyala, Rumah Terbakar

Sementara itu, Gunawan Andi, kabid Pemasaran dan Kelembagaan Disparpora mengatakan para pelaku seni antusias dengan kegiatan tersebut. Walaupun diadakan secara virtual. Di tahun 2021 ada 44  kelompok kesenian yang mengikuti pentas virtual. “Nantinya akan kami adakan sampai Desember 2021. Di bulan Ramadan sementara libur dulu. Kami lanjutkan setelah Lebaran” katanya.

Kesenian yang ditampilkan beragam. Mulai dari soreng, kuda lumping, jathilan serta kesenian lainnya. Lanjut Andi, kegiatan itu membuat para pelaku seni merasa memiliki wadah untuk berekspresi. “Kami sekadar memberikan uang transpor dan makan, karena anggaran  kami belum leluasa,” ungkapnya. (man/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya