alexametrics

Borobudur Pusat Musik Dunia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Musisi Trie Utami bersama Dewa Budjana, Purwacaraka, dan Budi Dalton berkolaboasi menghadirkan kembali alat-alat musik yang tergambar dalam relief-relief di Candi Borobudur.

Setelah melewati proses panjang, alat-alat musik itu berhasil dibuat. Dibunyikan dan disatukan dalam sebuah orkestra. Mereka mementaskannya dalam acara bertajuk Sound of Borobudur Kamis (8/4/2021) di Omah Mbudur, Borobudur, Magelang.

Trie Utami memandang musik sebagai nilai dan spirit kebangsaan. Melalui relief-relief yang ada di Candi Borobudur, dia melihat suatu keterhubungan bangsa Indonesia dengan dunia. Dia menilai itu sebagai brenchmark peradaban. Untuk itu, Borobudur harus memberi manfaat yang optimal.“Borobudur adalah sepertiga gardu induk listrik yang seharusnya mencahayai desa-desa yang mengelilinginya,” ujar perempuan yang biasa dipanggi Iie ini.

Baca juga:  Stadion Gemilang Belum Bisa Dipakai, Persikama Pusing Cari Home Base

Menurutnya, orang yang datang ke Borobudur harus pulang membawa pengalaman dan pengetahuan. Lantas datang lagi untuk belajar dan menggali ilmu. Ia berharap orang Indonesia tidak lalai dengan kebudayaan yang menurutnya sangat hebat.  “Borobudur punya kita. Borobudur adalah wajah kita,” tegasnya yang pada pentas itu menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.

Dari temuan ini, Dewa Budjana pun mendukung pengembangan kawasan Borobudur. Bukan hanya fokus pada pembanguan fisik. Namun,  harus diikuti dengan nilai-nilai historis di Candi Borobudur.“Borobudur ini sangat saya. Kalau saya masih melihat dari sisi seni, tentu orang lain melihat dari dimensi berbeda,” ujarnya.

Hadir dalam acara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku akan mendukung Borobudur menjadi pusat kesenian dunia. Ganjar yakin Sound of Borobudur bisa menarik daya tarik kawasan Borobudur.  “Ini adalah seni budaya yang mesti diterjemahkan dalam berbagai bentuk. Saya ingin dari sektor pariwisata, mereka yang sudah datang ke Borobudur ingin kembali lagi,” ujarnya. (rhy/lis)

Baca juga:  Genjot UMKM dengan Digital Marketing

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya