alexametrics

Yoni Raksasa Terkubur di Belakang Rumah Warga

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Mungkid Yoni berukuran besar dengan hiasan nandi di Dusun Culengan, Desa Gondang, Mungkid, Kabupaten Magelang telah dievakuasi. Sebelumnya terkubur dalam lubang sedalam 1,5 meter di belakang rumah warga bernama Cicilia Suprijati. Lokasinya berada di bagian pojok belakang rumah.

Kini yoni berada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang. Rencananya akan dijadikan sebagai ikon benda sejarah di sana. “Untuk melakukan evakuasi yoni, kami bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) memerlukan waktu selama empat hari. Lingga di sana  juga ikut kami evakuasi,” ujar Hari Bawartati, kasi Cagar Budaya dan Permuseuman, Diskdibud Kabupaten Magelang, Rabu (7/4/2021).

Yoni baru bisa dievakuasi Minggu (4/4/2021) malam dengan alat berat. Ia mengaku kesulitan dalam evakuasi karena berat yoni 5 ton. Lanjut Hari, yoni tersebut termasuk unik. Selain ukuran yang besar juga ada hiasan nandi di bagian cerat. Di Magelang baru pertama kali ditemukan.

Karena keunikannya, BPCB sempat menawarkan diri untuk membawa dan merawat yoni itu. Namun Disdikbud memilih untuk meletakkannya tetap di Magelang. Dipindahkan ke halaman kantor Disdikbud. “Rencananya di sekitar yoni akan dipagari besi dan diberi atap agar tetap terawat,” tuturnya.

Disdikbud pun memastikan keamanan yoni terjamin. Karena setiap hari dijaga satpam secara bergantian. Hari berharap dengan ada yoni di lingkungan kantor Diskdibud dapat memberikan pengetahuan terkait benda bersejarah. “Selain itu bisa menjadi ikon di kantor Diskdikbud juga” pungkasnya. (man/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...