alexametrics

Proyek Tol Jogja-Bawen Belum Jelas, Warga Tak Perlu Panik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Proyek tol Jogja-Bawen di Kabupaten Magelang belum menunjukkan keberlanjutan. Proyek ini masih mandek di tahap prakonstruksi. Terakhir, baru dilaksanakan konsultasi publik terkait analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) 17 Desember 2020.

Menanggapi ini, Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedda Litbangda) Kabupaten Magelang Taufik Hidayat mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Terutama masyarakat di wilayah yang disebutkan akan dilewati tol.

Proyek tol tidak akan digarap tiba-tiba. Pemerintah daerah akan melakukan sosialisasi jika sudah ada kepastian dari pusat. Bapedda pun terus memantau perkembangannya.

“Sekarang masih dinamis, masih ada kemungkinan perubahan jalur,” kata Taufik kepada Jawa Pos Radar Kedu belum lama ini.

Baca juga:  Batik Borobudur Tetap Bertahan

Sosialisasi akan dilaksanakan jika sudah penetapan lokasi (penlok). Sementara kini, proses masih bertahan di kajian amdal. Salah satunya terkait perlindungan terhadap sumber mata air. “Isu tenaga kerja yang harus melibatkan warga sekitar juga masih dikaji,” ujarnya.

Kata Taufik, kemungkinan tahap konstruksi tol Jogja-Bawen tetap dimulai tahun ini. Masyarakat perlu bersiap tetapi tidak perlu panik. Sebab, pemerintah akan membantu mencari solusi jika harus relokasi. (rhy/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya