alexametrics

PKWT Dinilai Rugikan Pekerja

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dinilai merugikan pekerja. Pasalnya masa kerja untuk menjadi pekerja tetap di suatu perusahaan, menjadi 5 tahun. Dari sebelumnya yang hanya disyaratkan 2 tahun.

“Ini jelas merugikan pekerja. Karena jangka waktu 5 tahun tidak sebentar dan membuat nasibnya tidak menentu,” ujar Suparno, ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Magelang Rabu (24/1/2021). Sambung Suparno, perpanjangan tersebut membuat para pekerja tidak fokus bekerja, lantaran dilanda rasa khawatir.

Suparno menilai kebijakan itu juga memberikan kelonggaran pada perusahaan. Karena sewaktu-waktu dapat melakukan PHK. Mengingat untuk menjadi pekerja tetap waktunya cukup lama. “Ini akibat UU Cipta Kerja yang dari awal kami tentang,” tuturnya.

Baca juga:  Proyeksikan Daya Tarik Wisata Baru di Sendang Maren Sawangan

Baginya saat ini eksistensi serikat pekerja maupun buruh seakan dibatasi. Meski begitu, ia bersama 3700 anggota SPN Kabupaten Magelang, tengah mengkaji turunan UU Cipta Kerja tersebut. Untuk didiskusikan dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kabupaten Magelang. Agar para pekerja tidak dirugikan.

Sementara itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kabupaten Magelang belum bisa memberikan tanggapan. Mereka mengaku masih mempelajari peraturan pemerintah tersebut. (man/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya