alexametrics

Aktivitas Merapi Meningkat, Muntahkan Lava Pijar dan Awan Panas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Aktivitas Gunung Merapi terus meningkat dengan memuntahkan lava pijar dan awan panas yang mengarah ke barat daya di Kabupaten Magelang Senin (18/1/2021). Meski begitu, status Gunung Merapi belum mengalami peningkatan, masih dalam status siaga (level III).

“Berdasarkan pemantauan BPPTKG, hari ini (kemarin, Red) telah terjadi satu kali awan panas dengan jarak luncur 1000 meter dan 6 kali guguran lava pijar dengan luncuran maksimum 600 meter. Mengarah ke barat daya salah satunya ke Kabupaten Magelang,” ujar Pranowo, kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang.

Pranowo mengatakan masih belum ada evakuasi lanjutan bagi warga berusia produktif di wilayah KRB III di Kecamatan Dukun yakni Desa Paten, Krinjing, dan Ngargomulyo. Di samping itu Pranowo mengatakan untuk desa di Kecamatan Srumbung belum di evakuasi karena jaraknya 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi sehingga dianggap masih aman.

Baca juga:  Satu Bulan 150 Kejadian Bencana di Kabupaten Magelang

Sambung Pranowo,  di musim penghujan pihaknya meminta masyarakat di wilayah KRB III untuk selalu waspada terhadap bahaya lahar. Kata dia, berdasarkan pantauan di Pos Babadan Kabupaten Magelang, telah terjadi penambahan aliran lahar di Kali Gendol. Meksi demikian dalam kurun waktu satu minggu ini guguran lava pijar masih dominan ke hulu Kali Krasak. (cr2/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya