alexametrics

Pantau Merapi, Patroli Tiga Kali Sehari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Aktivitas Gunung Merapi yang meningkat membuat Polsek Dukun terus menggencarkan patroli di wilayahnya yang masuk kawasan rawan bencana (KRB) III. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mewaspadai kemungkinan erupsi.

“Meningkatnya aktivitas Gunung Merapi membuat kami merutinkan patroli di wilayah KRB III. Dalam sehari tiga kali, meneruskan apa yang sudah diperintahkan pimpinan. Patroli sendiri dilakukan mulai dari pemukiman warga sampai ke pos pemantauan Gunung Merapi di Babadan,” ujar Ipda Bambang Yuniwarso, kanit Sabhara Polsek Dukun Selasa (12/11/2021).

Dalam patroli tersebut pihaknya selalu mengimbau kepada masyarakat di KRB III untuk tetap waspada. Karena aktivitas Gunung Merapi terus meningkat yang ditandai dengan munculnya lava pijar maupun guguran. “Intinya setiap beraktivitas ke ladang ataupun aktivitas lainnya tetap harus waspada,” katanya.

Baca juga:  Jelang Libur Lebaran, Kemenag Data Kepulangan Santri

Sementara itu, masyarakat yang berada di KRB III juga mengadakan ronda malam rutin untuk memantau kemungkinan erupsi Gunung Merapi. Mereka juga selalu berkoordinasi dengan petugas di posko pemantauan Babadan guna mengetahui aktivitas Gunung Merapi. “Setiap malam kami lakukan ronda sampai Subuh untuk mengabtisipasi kemungkinan erupsi,” ujar Tarsi, warga Babadan 1, Paten, Kecamatan Dukun.

Tarsi masih merasa trauma dengan erupsi di tahun 2010, karena saat itu minim persiapan. Saat ini, beberapa keluarganya yang berasal dari kelompok rentan telah mengungsi di posko Banyurojo, Mertoyudan. “Misal staus Gunung Merapi meningkat menjadi awas, kami yang berusia produktif sudah siap mengungsi,” tutur Tarsi. (cr2/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya