alexametrics

Wisata Tirta Belum Diizinkan Buka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Wisata tirta di Kabupaten Magelang masih belum mendapat izin buka, setelah adanya instruksi dari gubernur maupun bupati tentang larangan membuka wisata tirta di musim pandemi. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi penularan Covid-19.

“Sejak bulan Maret wisata tirta di Kabupaten Magelang masih belum buka, karena adanya instruksi gubernur dan bupati. Kami dari Dinas Pariwista kabupaten memahami para pelaku wisata tirta mengalami kesulitan ekonomi. Kami pun selalu berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata provinsi,” kata Nur Supindahwati, kabid Destinasi dan Industri Disparpora Kabupaten Magelang Senin (4/1/2021).

Ia juga mengatakan sebenarnya tidak ada surat keputusan dari Dinas Kesehatan tentang larangan membuka wista tirta di musim pandemi. Sehingga aturan tersebut dikaji ulang, tetapi setelah dikaji di tingkat provinsi tetap tidak diperbolehkan untuk membuka wisata tirta. “Menurut para ahli dari kajian tersebut katanya wisata air merupakan media penularan Covid-19, sehingga tidak diperbolehkan buka,” bebernya.

Baca juga:  Ganti Untung Lahan Terdampak Tol Jogja-Bawen Dibayar Pertengahan Tahun

Nur Supindahwati menuturkan wisata tirta yang dilarang meliputi kolam renang, arum jeram, wisata tubing serta wisata lain yang bersentuhan dengan air. Akibat larangan tersebut ia pun sering mendapat keluhan dari pengelola wisata tirta bahkan sebagian ada yang berpindah profesi untuk mencukupi hidup. “Sekarang mereka sudah mulai menerima, tetapi kalau tutupnya terlalu lama saya rasa tidak baik juga,” jelasnya.

Sementara itu, Novan Jaya, pegawai Taman Air Kalibening, Payaman mengeluhkan belum diperbolehkannya membuka wisata tirta. Kata dia, saat ini gajinya berkurang dan harus mencari pekerjaan lain sebagai tukang kayu. “Saat ini gaji kami dipangkas, mengingat tidak ada pemasukan dari pengunjung,” katanya. Ia pun berharap Taman Air Kalibening segera dibuka, agar gajinya bisa kembali utuh untuk menghidupi anak dan istrinya.  (cr2/lis)

Baca juga:  Wakil ketua DPRD Temanggung : Waspadai Masuknya Radikalisme ke Kaum Milenial

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya