alexametrics

Sedekah Bumi Punthuk Setumbu Digelar Terbatas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Masyarakat Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, menggelar sedekah bumi Punthuk Setumbu Senin (16/11/2020). Tradisi tersebut digelar tiap dua tahun sekali. Tepatnya saat Senin Legi. Namun kali ini peserta dan rangkaian kegiatannya dibatasi. Mengingat masa pandemi.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 di Taman Buah Karangrejo. Dengan menampilkan berbagai kesenian dan mengarak hasil bumi ke Punthuk Setumbu.

Ketua Pengelola Punthuk Setumbu Nur Yazid mengatakan, tahun ini ada sekitar 150 peserta. Mereka mengenakan berbagai macam pakaian dan menampilkan pentas kesenian. Persiapannya satu bulan. Pesertanya warga setempat. Pihaknya mengklaim pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Dikatakan Nur Yazid, pada tahun-tahun sebelumnya mereka mengundang kesenian dari luar daerah untuk turut memeriahkan. Acara pun bisa berlangsung dua hingga tiga hari. Namun karena masa pandemi, semua dibatasi.

Baca juga:  Ditolak di Surabaya, Kapal Pesiar Viking Sun Tunggu Izin Sandar di Semarang

“Dulu setiap RT bawa tumpengan. Ada lombanya. Kalau sekarang ya dibuat sederhana. Yang penting tetap melanjutkan tradisi,”  ujar Nur Yazid.

“Karena kesehatan masyarakat itu yang paling utama,” imbuhnya. (cr3/zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya