alexametrics

Hanya Pengunjung bermasker yang Boleh Jajan di Pasar Lembah Merapi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Pasar Tradisi Lembah Merapi di Bukit Gununggono perdana buka, di tengah pandemi Covid-19. Hanya pengunjung yang kondisinya sehat dan bermasker yang boleh masuk.

Sebelum masuk, pengunjung cuci tangan dan dicek suhu tubuhnya. Setelah itu baru menukar mata uang rupiah dengan uang koin yang disebut dono sebagai penggantinya. Satu dono dihargai Rp 2.000.

Kepala Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun Wintoro mengatakan pandemi Covid-19 sangat memukul gairah pariwisata di desanya. Sejak awal beroperasi pada 2019 lalu, perputaran uang mencapai Rp 1,5 miliar. Harus rela libur panjang selama empat bulan, sampai akhirnya mendapat rekomendasi tim Gugus Tugas Covid-19 dibolehkan buka. Asal tidak mengabaikan protokol kesehatan.

Baca juga:  Naik Pangkat, 82 Polisi Mandi Kembang

Di luar ekspektasinya, pasar tradisi yang menyediakan aneka kuliner tempo dulu itu dibanjiri pengunjung. Omzet yang diraup dari 37 lapak menggembirakan. “Sejak pukul 06.00 WIB sampai sekitar pukul 11.00 WIB, transaksinya mencapai Rp 12 juta,” ujarnya.

Meski sukses di hari pertama, ia mengevaluasi. Ke depan harus memperbanyak tempat duduk untuk memecah kerumunan.

Bupati Magelang Zainal Arifin berkesempatan hadir membuka Pasar Tradisi Lembah Merapi ini. Ia berpesan agar masyarakat tidak melupakan protokol kesehatan. “Harus dipatuhi, karena masih ada 43 kasus positif covid-19 di kabupaten,” ujarnya.

Zainal menyempatkan diri membuat jagung bakar. Ia juga mencicipi berbagai makanan tradisional.

Sementara itu, Kebun Raya Gunung Tidar di Kota Magelang kembali buka setelah meliburkan operasional wisata pada malam 1 Suro. “Keputusan itu hasil rapat dengan tim Gugus Tugas Covid-19, pembukaan wisata pada malam 1 Suro tahun ini ditangguhkan,” ungkap Kepala UPTD Kebun Raya Gunung Tidar Agus Suprijanto.

Baca juga:  Jelang Libur Lebaran, Pengunjung Meningkat

Tidak dipungkiri, malam 1 Suro tiap tahunnya menunjukkan tren kenaikan jumlah kunjungan. Toh momentum kemarin terkondisi. Sekarang, pihaknya tetap buka Senin-Minggu pukul 07:00-15.30 WIB. (put/ton/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya