Api Tungku Sebabkan Kebakaran Rumah

254
Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang memadamkan api yang meluluhlantakan rumah warga Dusun Surojoyo, Candimulyo di malam takbiran (30/7/2020). (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Rumah Dalmi warga Dusun Surojoyo RT 01 RW 04, Desa Surojoyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang terbakar. Kebakaran diduga  berasal dari api tungku usai digunakan memasak pada Kamis (30/7/2020) malam.

Humas Damkar Kabupaten Magelang, Yoga Subarkah Jumat (31/7/2020) mengatakan, pihaknya mendapat laporan kejadian kebakaran rumah pada Kamis (30/7/2020) dengan perkiraan waktu kejadian pukul 23.49.

“Kami menerima info pukul 23.49 dan langsung berangkat ke TKP dengan mengirimkan dua unit mobil pompa, satu unit tangki suplai, unit rescue beserta ambulans.  Sampai di lokasi pukul 23.55 langsung melakukan pemadaman,” imbuhnya.

Yoga menuturkan, api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam lebih dengan dibantu relawan dan warga. Api, kata Yoga, cukup sulit dijinakkan mengingat banyaknya material bangunan yang terbakar.

“Api baru bisa dipadamkan pada 00.15. Mengingat material yang mudah terbakar. Selain itu juga angin yang bertiup cukup kencang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” tuturnya.

Yoga mengungkapkan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran secara persis. Namun diduga, kata Yoga, penyebab kebakaran dari tungku api.

“Pemilik  rumah sebelumnya sedang memasak mengunakan tungku. Selesai memasak, pemilik rumah mematikan api tersebut. Namun di samping tungku terdapat kayu dan daun kelapa kering. Diduga bara api yang belum padam itu yang menyebabkan kebakaran,” ucapnya.

Yoga menyebutkan, kerugian akibat kejadian ini ditaksir Rp 150 juta. Pemadaman kebakaran ini, kata Yoga, bisa menyelamatkan 21 rumah yang letaknya rapat dengan lokasi kebakaran. (had/lis/bas)