Angin Kencang Terjang Muntilan, Pohon Bertumbangan

228
Hujan disertai angin kencang di Dusun Dawang, Desa Blongkeng Kecamatan Ngluwar menyebabkan pohon dan tiang listrik roboh menutup akses jalan, Rabu (20/5/2020). (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (20/5/2020) di sejumlah wilayah Kabupaten Magelang, menyebabkan beberapa pohon tumbang dan menutup akses jalan. Bahkan, dua rumah warga tertimpa rumpun pohon bambu dan mengalami rusak ringan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Susanto mengatakan,  wilayah terdampak terjadi di Muntilan dan Ngluwar. Di Muntilan, ada dua titik yang terdampak pohon tumbang. Yakni di Dusun Karang Tengah Desa Tanjung, dan Dusun Semawe Desa Congkrang.

“Untuk di Dusun Karang Tengah Desa Tanjung, hujan disertai angin kencang menyebabkan rumpun bambu roboh dan menimpa dua rumah warga. Sedang untuk titik Dusun Semawe, Desa Congkrang angin kencang menyebabkan sejumlah pohon Mahoni dan Sengon roboh serta menutup akses jalan Lettu Sugiarno, yang merupakan Jalan Provinsi,” imbuhnya.

Sedangkan di Kecamatan Ngluwar, angin menerjang Dusun Dawang, Desa Blongkeng. Hujan disertai angin kencang pada pukul 14.30 WIB menyebabkan pohon kelapa berdiameter sekitar 50 cm tumbang menutup akses jalan dan menimpa jaringan listrik dan mengakibatkan tiang listrik roboh. “Akibatnya jaringan listrik padam. Sudah berkoordinasi dengan PLN. Untuk penanganan darurat pemotongan pohon oleh TRC , Relawan Sigap Merapi dan warga,” katanya.

Edi meminta warga agar terus mewaspadai gejala alam mengingat saat ini kondisi cuaca berubah-ubah. Untuk itu, kewaspadaan terhadap bencana alam sangat diperlukan di tengah pandemi covid-19. (had/ton/bas)





Tinggalkan Balasan