Kuras Sumur, Pekerja Keracunan Gas

Petugas tengah mengevakuasi pekerja yang keracunan gas di dalam sumur warga Dusun Janan, Desa Borobudur Senin (18/5/2020). (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Seorang pekerja tewas menghirup gas beracun ketika sedang menguras sumur, Senin (18/5/2020).  Korban adalah Tohir, warga Dusun Bojong, Kelurahan Mendut, Kabupaten Magelang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Susanto mengatakan sumur warga Dusun Janan RT 03 RW 04, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur dikuras oleh tiga pekerja. Yakni Sriyanto, Muh Kholil, dan Tohir.

Edi menjelaskan Senin pukul 13.40 saat Sriyanto  berada di dalam sumur menghirup gas beracun dari mesin diesel pompa air. Kemudian tidak sadarkan diri.  Korban Tohir berniat menolong temannya yang tidak sadarkan diri dengan masuk ke sumur. Namun, Tohir juga ikut menghirup gas beracun.

“Karena melihat kedua rekannya tidak sadarkan diri di dalam sumur, Muh Kholil mencoba menyelamatkan kedua rekannya. Namun hanya Sriyanto yang dapat diselamatkan,” imbuhnya.

Edi menuturkan, warga kemudian melaporkan kejadian tersebut ke BPBD, Satpol PP dan Damkar. Usai mendapat laporan tersebut,  pihaknya langsung melakukan evakuasi.

“Tim BPBD, Satpol PP & PK dibantu warga dan relawan mengevakuasi korban yang masih di dalam sumur tersebut. Saat dievakuasi Tohir sudah meninggal dunia,”  imbuhnya. (had/lis/bas)





Tinggalkan Balasan