alexametrics

Momentum Waisak, Saatnya Menanam Karma Baik pada Sesama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Meski serangkaian kegiatan Hari Raya Waisak ditiadakan, namun demikian umat Buddha tetap menjalani puja bakti di rumah masing-masing. Terlebih, tema Tri Suci Waisak 2564 BE/2020 selaras dengan upaya menghadapi pandemi virus korona.

“Umat melakukan puja bakti Tri Suci Waisak di rumah masing-masing. Jika ada Wihara yang ada bhante, ada kegiatan namun terbatas. Rata-rata puja bakti melalui live streaming, termasuk kami dirumah juga,” kata pengurus Griya Vipassana Avalokitesvara Bojong Mendut Kabupaten Magelang, Kentiyono, Kamis (7/5/2020) saat dikonfirmasi.

Kentiyono mengungkapkan, pihaknya dan juga umat Buddha menyadari bahwa perayaan Tri Suci Waisak tahun ini bersamaan dengan adanya pandemi korona. Sehingga rangkaian kegiatan, menurut Kentiyono, terpaksa ditiadakan.

Baca juga:  Dolphin Center Segera Buka, Pengunjung dari Zona Merah Diawasi Ketat

Namun demikian, menurut Kentiyono, meski rangkaian kegiatan ditiadakan, namun makna Tri Suci Waisak harus digaungkan.“Terlebih tema waisak 2020 sesuai dengan petunjuk DPP Walubi bahwa Manfaat momentum Waisak untuk memajukan kesadaran Buddha Dharma, dan pencerahan serta mengembangkan Kebijaksanaan. Utuk sub tema adalah Marilah Umat Buddha bersemangat menanamkan karma baik, sehingga buahnya membuat manusia hidup beruntung dan bahagia, beramalah dan berkebajikanlah, buahnya karma baik yang akan dipanen oleh dirinya masing-masing,” imbuhnya.

Sementara, Sekretaris Pengurus Wihara Mendut Wahyu Utomo saat dihubungi menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan puja bakti Tri Suci Waisak dan disiarkan secara daring pada pukul 16.15-18.15. Puja bakti, kata Wahyu, dipimpin oleh YM Bhante Sri Pannyavaro Mahathera.

Baca juga:  Satgas TMMD 109/Sintang Berikan Layanan Kesehatan

“Hanya diikuti delapan bikhu dan dua pengurus. Puja bakti juga dilaksanakan dengan berjarak sesuai anjuran pemerintah. Bhante Pannyavaro juga menyampaikan bahwa Sangha Theravada Indonesia dalam pesan waisak 2564/2020 bahwa persaudaraan sejati dasar keutuhan bangsa (had/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya